Minggu, 23 November 2014

The November of SHIT!!

Untuk blog.



Gile, sebulan sebelum ulangan adalah saat-saat paling sibuk dalam hidup. Guru-guru berlomba-lomba mengejar materi yang belum sempat mereka ajarkan kepada anak didiknya. “Takut kalian gak bisa di ulangan.” Selalu saja mereka mengeluhkan begitu, padahal yang buat soal ulangannya bukan murid, tapi gurunya sendiri. Tinggal coret aja materi yang belum mereka ajarkan di soal ulangannya.

Yang paling jadi korban memang bukan guru, tapi muridnya. Para murid terpaksa memakai otak mereka 2 kali lipat dari biasanya. Soalnya murid-murid harus menyerap materi lebih banyak dari biasanya. Kalau sudah begini yang diserap bukan tambah banyak, tapi yang keluar malah yang tambah banyak.

Yang susah bukan cuma murid, tapi saya juga susah. Sebagai murid gadungan di SMAN 2 Kuningan hal seperti di atas tadi memang menyulitkan. Kalau murid biasa mereka harus menggunakan otak mereka 2 kali lipat, kalau saya 4 kali lipat, soalnya otak saya ini lemotnya sudah gak ketulungan lagi. Apalagi dalam pelajaran eksak seperti matematika, fisika, dan kimia. Belajar biasa saja sudah persis dikejar-kejar anjing (karena orang lain udah pada ngerti duluan, saya sendiri yang belum ngerti), sekarang… belajar sambil mengejar materi yang belum ulangan mirip banget lagi dikejar-kejar anjing-anjing yang galak-galak.

Ditambah fakta bahwa bulan November ini memang tidak ada hari libur selain hari Minggu. Hari Minggu pun masih tidak bisa santai karena hari Senin pelajaran fisika sudah menanti. Yap, remidial fisika dilakukan setiap hari Senin sepanjang bulan November. Wow! 4 BAB saya remidial semua. Hehe, benar-benar murid gadungan.

Tapi, remidial ini menguntungkan lho, karena sebelum melakukan remidialnya, Mr. Quznama (guru fisika) memberikan semacam pengayaan. Jadi di luar jam pelajaran sebelum hari remidial H-2 atau H-3 belajar dulu bersama dirinya. Tapi pengayaan tersebut dipungut biaya sebesar 15 rebu rupiah untuk setiap belajar bersama dirinya. Gak apa-apa lah, kata Mr. Quznama biaya pengayaan tersebut buat bikin TPA. Terus, biasanya dia kalau ngajar di kelas galaknya super. Ehm. Kalau di pengayaan dia jadi baik. Ehm. Walhasil sebelum ulangan saya sudah mengulang materi fisika dan menjadi lebih mengerti. Dan saya siap untuk ulangan akhir semester ganjil… fisika! WUOH!!

Sekarang sudah tanggal 23 November, besok Senin 24 November 2014, ulangan remidial fisika yang ke-3, BAB Usaha dan Energi. Selasa, harus presentasi tugas membuat online shop (powered by prestashop) di luar jam pelajaran harus pengayaan fisika lagi (jadwal dimajukan). Rabu, Ulangan Biologi BAB Sistem Sirkulasi dan Ulangan Kimia BAB Laju Reaksi. Kamis, Remidial Kimia BAB Hidrokarbon atau Termokimia dan Ulangan Remidial Fisika BAB Gravitasi. Tugas numpuk PKN harus dikerjain semua tugas mandirinya yang ada di buku paket. Makalah kimia tentang minyak bumi belum selesai deadline akhir bulan. Matematika masih ada BAB yang belum ulangan harian. Dan tanggal 1 Desember adalah puncaknya, harus siap menghadapi ULANGAN AKHIR SEMESTER!! Ya Allah, berilah hamba-Mu kekuatan… dalam menjalani serangkai aktivitas yang dapat membuat otak over-heat ini. Jangan sampai otak hamba over-heat biarkan sejuk seperti di air terjun, amin.

Oke, paragraf sebelumnya jangan dipikirkan apalagi dibayangkan, bisa stress duluan. Hehe. Saya hanya membagikan keresahan kepada kamu. Biar yang pusing bukan cuma saya. Pusing bareng-bareng lebih keren daripada pusing sendirian.

Untuk motivasi menghadapi ulangan saya membuka-buka buku dan akan membagikan quotes dari para guru yang telah mengajar saya di semester ganjil ini:

1. “Insya Allah soal ulangan yang saya berikan manusiawi.”
-Mr. Yan2 (Guru Matematika)

2. “Apa yang Anda lakukan pastikan itu bermakna.”
-Mr. Yan2

3. “Saya punya angka disini, sebut saja ..(isi sendiri sesuka murid)..”
-Mr. Yan2

4. “Tidak selamanya yang menonjol itu orang kaya.”
-Mr E-Man (Guru Bahasa Indonesia)

5. “Pertanyaan bercanda!”
-Mr. Quznama (Guru Fisika)

6. “Quotesnya dikit amat.”
-Yang baca postingan ini

Dengan ini saya memberikan title 2014 Best Quotes of the Semesters kepada quotes nomor 5. Dikarenakan sudah dikatakan ulang oleh banyak sekali orang di kelas saya. Dan mungkin juga di sekolah saya tercinta SMAN 2 Kuningan.



  



Segitu aja, coeg (ceritanya wancaker), semoga sukses dengan guru-tugas-eksak-ulangan-dan-remidial kalian. Duniaku seperti ini dan duniamu seperti itu. Semoga postingan ini bisa memotivasi kamu untuk lebih giat lagi untuk malas belajar dan menjadi murid gadungan level Apprentice. Ingat, Pusing bareng-bareng lebih keren daripada pusing sendirian. Got it? Sip!!



P.S: Buat gokil-gokilan aja, kolaborasi sama foto-foto temen sekelas....

IH!!!
Ya, betul, pak!!


8 komentar:

  1. Ada yang janggal.........

    BalasHapus
  2. Anjir nyesel bro buka ini. Stres cuy stres!!!!!!!! Kalo mau stres jangan bagi bagi!
    Foto terakhir asa ga kenal. sekian thanks.

    BalasHapus
  3. ngakak edas hahah pernyataan bercanda!!

    BalasHapus
  4. Sama kayak November gue bro :D

    -www.fkrimaulana.blogspot.com-

    BalasHapus

Terserah..